Rabu, 25 September 2013

Aplikom Pertemuan Ke-3

Nama Dosen        : Pak Dicky Supriatna S.Kom, M.TI
Diposting Oleh    : Theofillus Earl Constantino 201370003
Tanggal/Waktu   : Kamis, 19 September 2013 / 10:30 - 12:10

Pencarian pada Internet (Web)


Internet (Web) mengandung banyak sekali sumber informasi yang kita perlukan. Namun, karena informasi yang beredar beragam, kita membutuhkan sarana pencarian dalam mencari informasi, seperti gambar, video, lagu, dan lain-lain. Sarana pencarian yang dimaksud adalah search engine. Search Engine adalah alat pencarian di internet yang dapat kita gunakan untuk mencari informasi secara lebih spesifik. Biasanya, search seperti google telah mengelompokkan jenis informasi yang kita butuhkan, yaitu web, image, video, dan sebagainya. 

Penggunaan search engine dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama, dengan membuka web search engine seperti google, yahoo, bing, dan lain-lain, lalu mengisi kolom search dan akan tampil hasil pencarian dari search engine. Kedua, pencarian dapat secara langsung dilalukan pada instant search box yang ada pada pojok kanan atas browser. Langkah kedua lebih efisien karena menghemat waktu menampilkan halaman web dari search engine.

Jenis-jenis Situs Web


Situs-situs web dikelompokkan menjadi 13 kategori:
  1. Portal, merupakan situs yang menyediakan layanan internet yang bervariasi seperti search engine, berita, olahraga, cuaca, dan lain-lain, dari lokasi yang mudah dan sesuai.
  2. News, adalah situs yang menyediakan layanan berita seperti layaknya surat kabar.
  3. Informational, adalah situs yang menyediakan informasi yang faktual/terbaru mengenai sesuatu.
  4. Business/Marketing,  adalah situs yang berisi promosi, penawaran barang dan jasa yang biasanya dimiliki oleh perusahaan.
  5. Blog, singkatan dari Weblog, berisi informasi tentang catatan sehari-hari yang bisa berupa teks, gambar, suara, video, dan yang lainnya.
  6. Wiki, merupakan situs yang menyediakan informasi khusus tentang bidang tertentu, yang dapat diubah oleh umum.
  7. Online Social Network, atau situs jejaring sosial, adalah situs yang memungkinkan anggotanya untuk berbagi minat, ide, cerita, foto, lagu, dan video, dan layanan komunikasi lain, seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya.
  8. Educational, merupakan situs edukasi yang meyediakan pendidikan formal dan informal, dimana penggunanya dapat belajar secara mandiri dengan informasi yang luas.
  9. Entertaiment, adalah situs yang menyediakan hiburan yang interaktif bagi pengunjungnya, dan biasanya menawarkan musik, olahraga, permainan, dan lain-lain.
  10. Advocacy, menyediakan opini, ide-ide, dan deskripsi tentang sesuatu, yang biasanya digunakan oleh suatu kelompok atau asosiasi.
  11. Web Application, adalah situs yang mengijinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan perangkat lunak melalui browser pada komputer atau perangkat lain yang terkoneksi ke internet.
  12. Content Aggregator, adalah situs yang isinya rangkuman berbagai situs lain, dan mendistribusikan ke para penggunanya.
  13. Personal, adalah situs individu atau keluarga yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti membagikan pengalaman, dan sebagainya.

Evaluasi pada suatu Web


Semua situs tidak selalu berisi informasi yang tepat dan akurat. Berikut adalah kriteria untuk mengevaluasi isi dari situs web:
  • Affilation, pengurus situs harus mendukung situsnya dengan cara memberikan informasi yang jelas tanpa maksud yang tersembunyi.
  • Audience, situs harus dibuat sesuai dengan taraf yang tepat yaitu menyesuaikan dengan siapa pengunjung situs tersebut.
  • Authority, situs harus mencantumkan pengarang dan pihak yang bertanggung jawab atas situs tersebut.
  • Content, isi dari situs harus dipelihara dan link pada situs tidak boleh mati.
  • Currency, informasi pada situs haruslah diperbaharui sesuai kondisi yang sekarang.
  • Design, situs dapat dibuka cepat, mudah, enak dibaca dan mudah digunakan.
  • Objectivity, situs layaknya mengandung sedikit promosi yang bertujuan individual.

Multimedia pada Internet (Web)


Hampir  semua halaman web berisi tidak hanya teks, melainkan juga menggunakan multimedia. Multimedia merujuk kepada aplikasi-aplikasi yang menggabungkan teks dengan grafis, animasi, suara, video, dan atau virtual reality.

Graphics
Grafis adalah gambaran digital dari informasi bukan teks seperti foto, grafik, dan bidang. Format yang biasa digunakan pada web adalah BMP (Bitmap), GIF (Graphics Interchange Format), JPEG (Joint Photographic Expert Group), PNG (Portable Network Graphics), dan TIFF (Tagged Image File Format).

Animation
Animasi adalah tampilan gerak yang dibuat dengan menampilkan beberapa gambar bergantian.

Audio
Audio termasuk lagu, dan suara-suara lain. Untuk mendengarkan audio pada web biasanya digunakan player. Beberapa aplikasi pada web juga menggunakan streaming, yaitu proses transfer data sambil memainkan data tersebut. Format yang biasanya digunakan adalah MP3 (Moving Pictures Experts Group Audio Layer 3/MPEG-3), WAV (Windows Waveform), dan WMA (Windows Media Audio).

Video
Video adalah gambar yang bergerak. Banyak video yang diiringi audio, dan sama seperti audio menggunakan player dan steaming.

Virtual Reality
Virtual Reality (VR) adalah penggunaan komputer untuk mewujudkan realitas atau imajinasi yang ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi, agar pengguna bisa hidup dalam dunia virtual. Berbeda dengan Augmented Reality, dimana objek virtul digambarkan di dunia nyata sebagai replika atau penggambaran sesuatu.

Plug-in
Plug-in adalah program pelengkap yang meningkatkan kapasitas kerja browser.

Penerbitan Web 


Kegiatan penerbitan web adalah tindakan peningkatan dan pemeliharaan halaman-halaman web. Ada 5 langkah besar dalam menerbitkan web:
  1. Merencanakan suatu web.
  2. Menganalisis dan merancang suatu situs web.
  3. Membuat situs web
  4. Menyebarkan web yang telah dibuat
  5. Memelihara situs web.
 

E-Commerce


E-commerce atau electronic commerce adalah transaksi-transaksi bisnis yang ada pada jaringan elektronik seperti internet.

Jenis-jenis e-commerce:
  • business to consumer (B2C), yaitu penjual pada pemakai (gramedia,amazon)
  • consumer to consumer (C2C), yaitu pemakai pada pemakai (ebay)
  • business to business (B2B), yaitu penjual pada penjual (bahan kimia)

Layanan lain pada Internet


E-Mail
E-mail (electronic mail) adalah pengiriman pesan atau file melalui jaringan komputer. Situs yang menyediakan layanan ini adalah google, yahoo, dll.

Mailing Lists
Mailing lists atau kelompok surat adalah pengelompokan nama e-mail dan alamatnya menjadi satu alamat kelompok. e-mail yang dikirim ke alamat kelompok akan diterima oleh semua nama yang terdaftar dalam kelompok tersebut.

Instant Messaging
Instant Messaging (IM) adalah komunikasi internet interaktif yang memungkinkan pengguna bertukar pesan. Beberapa IM mendukung pengiriman suara dan video.

Chat Rooms
Chat rooms adalah tempat pada suatu server internet yang mengijinkan penggunanya bercakap-cakap dengan pengguna lain dalam tempat (kamar) tersebut.

VoIP
Voice over Internet Protocol membuat penggunanya dapat berbicara secara langsung kepada pengguna lainnya di internet.

Newsgroups and Message Board
Newsgroup merupakan area diskusi tentang sesuatu di internet. Newsgroup memerlukan pembaca untuk mengaksesnya agar mendapat informasi. Sedangkan message board tidak memerlukan pembaca untuk mengaksesnya.

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah aktifitas mengunggah dan mengunduh pada internet. Unggah (Upload) adalah mentransfer file dari komputer ke internet, sedangkan Unduh (Download) adalah mentransfer file dari internet ke komputer. 

Netiquette 


Netiquette atau etika internet adalah aturan-aturan atau pedoman-pedoman pengguna internet. Netiquette meliputi semua komponen internet tanpa terkecuali.

Beberapa etika dalam berinternet: 

-. Dalam percakapan:
  • Menggunakan bahasa, pengejaan, dan tanda baca yang tepat.
  • Hati-hati dalam menggunakan lelucon, karena bisa disalahpahamkan.
  • Bersikap sopan/santun.
  • Membaca pesan sebelum mengirim.
  • Menggunakan judul yang jelas.
  • Tidak memprovokasi.
  • Tidak mengirim spam.
  • Tidak menggunakan huruf besar pada seluruh pesan.
  • Menggunakan emoticons.
  • Menggunakan singkatan yang baik.
  • Mengidentifikasi spoiler
-. Membaca dahulu semua tanya jawab yang ada
-. Jangan menganggap semua informasi akurat dan terbaru.
-. Tidak membaca e-mail pribadi orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar